Selasa, 14 Juni 2011

JOOMLA

tentang Joomla!

Mungkin diantara Anda ada yang sudah/belum mengenal Joomla!. Ya, Joomla adalah salah satu aplikasi manajemen situs yang terbuka untuk umum dan aplikasi Joomla! juga untuk proses pembuatan website.Karena pada umumnya, jika ingin membuat sebuah website kita harus memiliki pengetahuan tentang bahaasa php,html,java, dan lainnya. Tentu saja dalam mempelajarinya membutuhkan waktu & proses yang sangat panjang/lama. Dengan teknologi website yang kian berkembang & semakin canggih, ada cara yang lebih praktis dan bisa dikerjakan oleh orang yang awam sekalipun, kita bisa membuat website secara instant dengan Joomla!.(hanya sebuah referensi saja)
mengapa harus Joomla! apa itu Joomla! ?
Joomla ! merupakan salah satu system aplikasi manajemen situs yang terbuka (Open Source Content Management System – OS CMS) yang sangat hebat dan tercanggih di kelas CMS. Joomla juga merupakan pecahan dari tim Mambo. Tim inti penunjang open source ini bergabung dalam kelompok yang bernama Open Source Matters (OSM). Lewat OSM inilah Jommla! Beralih untuk meninggalkan Mambo.Dari Joomla! juga banyak perbaikan-perbaikan atau perubahan-perubahan dari Mambo,serta melengkapi keamanannya secara lengkap.
Beberapa kelemahan yang sudah disempurnakan oleh Joomla! yaitu :
<!--[if !supportLists]-->· <!--[endif]-->Penyempurnaan cacat di class phpmailer.
<!--[if !supportLists]-->· <!--[endif]-->Penambalan cacat di fitur aktivasi yang mengandung ruang terbuka untuk diserang dengan SQL injection.
<!--[if !supportLists]-->· <!--[endif]-->Penyempurnaan cacat di komponen Poling (polls component).
<!--[if !supportLists]-->· <!--[endif]-->Penyempurnaan mass mailer yang terbuka bagi spam.
Saat ini Joomla! Sudah memasuki area komunitas.Joomla! menjadi sebuah Trade mark atau Brand Image, bahwa dunia open source bisa berkembang dengan baik dan sempurna.Joomla! menjadi milik semua orang yang dapat digunakan untuk dikembangkan berdasarkan kemampuan dan keterampilannya untuk menjadi penyumbang dalam pengembangan proyek situs.Semua orang berhak mengetahui dan menggunakan Joomla! dan mengutak-atik Joomla!. Bahkan, semua orang punya kesempatan yang sama dalam hal pengembangan proyek Joomla!ini. Dengan demikian,Joomla! menjadi milik bersama bagi semua,komunitas,dan masyarakat.
Dengan Joomla!, membuat website menjadi lebih mudah. Kita tidak harus memiliki pengetahuan tentang desain atau bahasa pemrograman bagi seorang pemula untuk belajar membuat website.Proses dan pengerjaanya pun relative mudah dan tidak memakan waktu lama dibandingkan menggunakan aplikasi lain,yang dibutuhkan hanyalah pengetahuan dasar mengenai cara menginstal software.
Selain kemudahan dalam membuatnya,banyak kemudahan lainnya yang ditawarkan Joomla!, diantaranya :
  • Gratis
Joomla! bisa didapatkan secara gratis dengan mendownload aplikasinya di internet.
  • Kemudahan mengelola isi website
Mengelola isi website dengan menggunakan Joomla! lebih mudah karena sudah disediakan untuk pengaturannya.Pengguna Joomla! tinggal membuat sajaapa yang ingin di isikan ke dalam website nya.
  • Kemudahan mengganti tampilan website
Tampilan atau yang biasa disebut template Joomla! sangat banyak dan beragam sesuai dengan versi Joomla! yang kita gunakan.Memodifikasi template yang kita pakai pun sangat mudah dengan menggunakan software Photoshop,template tersbut bias di edit tanpa harus mempersoalkan hal-hal yang tidak diinginkan.Dengan demikian,template akan berubah sesuai yang anda inginkan.
  • Dukungan dari pihak ketiga
Jika kita ingin menginstal komponen atau modul yang didownload dari internet,bias dengan mudah digunakan dan di konfigurasikan sesuai keinginan kita . Tentu saja, komponen tersebut harus sesuai dengan versi Joomla yang kita pakai/install. Untuk saat ini mungkin anda belum dapat membuat modul atau komponen Joomla! sendiri,namun suatu saat nanti, mungkin saja anda dapat membuat komponen-komponen atau modul tersebut untuk website anda sesuai yang anda kehendaki.
Alangkah baiknya jika anda ingin mengerti cara membuat website, jalanilah proses belajar mengenai website dan pelajari juga bahasa pemrograman seperti php,html,java dan lainnya. Karena menurut saya pribadi tidak ada ruginya bahkan mungkin bisa memberikan banyak pengetahuan kepada Anda cara membuat website yang bagus. Artkel yang saya buat diatas, semata-mata hanya untuk berbagi pengetahuan saya membuat website dengan instant. Namun tidak menutup kemungkinan,Anda pun bisa melakukannya dirumah,kantor,bahkan ditempat tidur anda.
Artikel ini sedikit banyak saya ambil dari sebuah buku yang saya koleksi untuk sekedar membuka wawasan saya tentang bagaimana membuat website dengan mudah dan tidak sulit. Jika Anda ingin mengetahui tentang Joomla! lebih lanjut, silahkan klik disini. Joomla juga terbuka untuk di download disini.
Semoga apa yang saya tulis di atas, dapat memberikan wawasan baru untuk Anda yang sudah/belum mengetahui tentang Joomla! dan apa fungsi dari Joomla! Terima kasih untuk Pak Anto yang sudah mau memberikan informasinya tentang Joomla,Mas Erima Oneto & Mas Sudarma yang sudah mau membagikan pengetahuannya mengenai cara mudah membuat website menggunakan aplikasi Joomla!.

SUMBER :  http://riez1929.wordpress.com/2009/01/30/84/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar