Selasa, 07 Juni 2011

Tips Memilih Modem 3G HSPDA yang Tepat

Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
cara memilih modem:

Memilih modem internet yang sesuai untuk keperluan internet anda sangatlah penting. Karena pilihan modem akan mempengaruhi harga yang harus anda bayar dan juga kualitas dari modem itu sendiri. Kecepatan akses internet selain tergantung dari penyedia internet anda, juga sangat tergantung dari jenis modem internet yang dipakai. Sehingga sangatlah bijak jika anda ingin komputer anda tersambung dengan internet melalui modem, maka terlebih dahulu anda harus memperhitungkan kecepatan internet yang disediakan oleh penyedia internet anda. Apakah kecepatan dari paket layanan internet yang anda pilih hanya sebatas GPRS atau sudah mendukung 3G, atau bahkan telah mendukung jaringan HSDPA dan HSUPA. Jangan sampai modem yang anda pilih tidak mampu menjembatani koneksi internet anda yang cepat atau tinggi. Dan juga jangan sampai sebaliknya. Pilihlah modem internet yang sesuai dengan kecepatan internet anda. Semoga bermanfaat. Very Happy (sumber: http://prabowo.aforumfree.com/kelas-9-f5/tips-memilih-modem-t84.htm)

Anda pasti bingung untuk memilih modem 3G / HSDPA yang bagus dengan harga yang paling murah.
Apalagi pada zaman sekarang ini banyak sekali merek modem 3G dengan harga yang bervariasi, antara lain : Modem Huawei, Siera, GT-Max, Toshiba, Novatel, Option, Speed Up, Area dan sebagainya
3 cara yang tepat untuk memilih Modem 3G HSDPA supaya Anda memperoleh Harga yang Paling Murah :
1. Garansi
Di pasaran terdapat 3 jenis garansi yaitu 1 Bulan, 3 Bulan dan 12 Bulan (1 Tahun).
Biasanya untuk garansi yang makin singkat harga modemnya lebih murah, tetapi hal itu tidak menjamin modem tersebut bagus.
Apabila kebetulan anda memdapatkan modem yang awet / tidak rusak maka Anda sedang beruntung, tetapi Apabila Anda mendapatkan modem bermasalah dan sudah lewat masa garansi yang rusak maka Anda juga yang rugi besar.
Untuk memperbaiki modem tersebut juga memerlukan biaya dan setelah di hitung-hitung harganya bisa lebih mahal dari modem yang garansi 12 Bulan ( 1 Tahun).
Jadi untuk amannya mendinggan beli modem yang bergaransi 12 Bulan (1 Tahun) dari distributor resmi
2. Merek
Zaman sekarang banyak sekali merek modem antara lain : Modem Huawei, Siera, GT-Max, Toshiba, Novatel, Option, Speed Up, Area dan sebagainya.
Tetapi yang paling banyak dicari adalah 3G Huawei, HSDPA Sierra, dan 3G Option
Kelebihan Modem Huawei :
- Sudah sangat umum dan populer karena sudah dipakai oleh berbagai provider besar seperti Indosat IM2, Telkom Flash, Three, Vodafone (Info dari Forum Of Nuclear Engineering Gadjah Mada University)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar